Blog Contoh Majas

25+ Contoh Majas Klimaks dan Pengertiannya Lengkap

Contoh Majas Klimaks - Dalam penggunaan gaya bahasa, kita mengenal banyak kategori majas, di antaranya majas perbandingan, majas pertentangan, pertautan, dan majas penegasan. Di antara kategori majas tersebut, ada satu majas yang paling umum kita gunakan dalam percakapan sehari-hari. Majas tersebut adalah majas klimaks. Apa itu pengertian majas klimaks? Bagaimana contoh kalimat majas klimaks yang biasa kita gunakan? Untuk mengetahui jawabannya, silakan simak pembahasan berikut ini.

Pengertian dan Contoh Majas Klimaks

Dirunut dari asal kata, klimaks diketahui berasal dari bahasa Inggris yang berarti puncak. Adapun jika ditinjau dari segi bahasa, pengertian majas klimaks adalah suatu gaya bahasa yang digunakan untuk menyatakan suatu hal yang secara runut semakin memuncak.

Penggunaan majas klimaks dapat kita temukan dalam obrolan kita sehari-hari maupun dalam beragam karya sastra dan karya ilmiah. Penggunaan kalimat majas klimaks dirasa perlu untuk menegaskan gagasan atau maksud yang ingin disampikan oleh pembicara. Oleh karena itu, majas klimaks tergolong ke dalam kategori majas penegasan.

Contoh Majas Klimaks

Contoh Majas Klimaks

Untuk dapat memahami apa itu majas klimaks, perhatikan contoh berikut:

“Toko Sahara menyediakan berbagai macam pakaian anak-anak, remaja, dan dewasa.

Dalam contoh kalimat majas klimaks di atas, terdapat kata yang dicetak tebal. Kata-kata tersebut disebut secara runut dan memiliki rangkaian hierarki yang semakin memuncak. Rangkaian hirarki dimulai dari tingkat terendah (anak-anak), tingkat menengah (remaja), dan tingkat tinggi (dewasa).

Selain contoh di atas, penggunaan majas klimaks juga dapat Anda temukan dalam beberapa contoh lainnya berikut ini.
  1. Ajang pencarian bakat dangdut D-Academy boleh diikuti semua kalangan, mulai dari anak-anak, muda, dewasa, sampai yang tua.
  2. Baik kalangan ekonomi kelas bawah, menengah, maupun kalangan ekonomi kelas atas semua sama-sama mengeluhkan kenaikan tarif dasar listrik.
  3. Rakyat harus pandai pemimpin. Mulai dari kepala desa, camat, bupati, gubernur, semuanya harus benar-benar orang yang berkompeten.
  4. Harga di toko kami sangat bervariatif, mulai dari yang ribuan, puluhan ribu, ratusan ribu, hingga jutaan rupiah.
  5. Semoga bayi ini kelak menjadi berguna bagi keluarga, agama, nusa, dan bangsa.
  6. Para ketua RT, ketua RW, dan KAUR dikumpulkan kepala desa di rumahnya untuk membahas masalah keamanan kampung yang semakin memburuk akhir-akhir ini.
  7. Organisme tingkat tinggi tersusun atas molekul, sel, jaringan, organ, dan sistem organ.
  8. Bayi, balita, remaja, hingga orang dewasa semuanya berkumpul dalam acara hiburan rakyat yang digelar di lapangan desa.
  9. Ukuran baju batik yang kami jual sangat lengkap mulai dari ukuran S, M, L, XL, hingga 4L. Semuanya tersedia dalam beragam varian warna.
  10. Semua tingkat satuan pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi harusnya tidak dibebani dengan pajak dan retribusi lainnya.
  11. Ilmu yang kita peroleh dimulai dari membaca, memahami, menganalisa, hingga mengevaluasinya harus dapat kita terapkan dalam kehidupan supaya lebih bermanfaat. 
  12. Metamorfosis kodok melalui beberapa tahapan antara lain telur, kecebong, kodok muda dan kodok dewasa.
  13. Sejarah manusia dimulai dari zaman batu, zaman perunggu, dan zaman aufklarung.
  14. Buruh, petani, karyawan swasta, dan wirausahawan adalah penggerak roda ekonomi bangsa.
  15. Puluhan, ratusan, hingga ribuan gadis telah ku kenal, namun hanya engkau yang selalu di hati.

Demikian pembahasan sekilas kami mengenai beberapa contoh majas klimaks dalam kalimat. Semoga dengan memahami contoh-contoh di atas, Anda dapat semakin mengerti dengan apa yang dimaksud dengan majas klimaks. Semoga bermanfaat dan jangan lupa lanjutkan membaca artikel kami berikutnya yakni mengenai contoh majas antiklimaks (kebalikan dari majas klimaks). Baca juga rangkuman kami tentang Macam Macam Majas.

0 Response to "25+ Contoh Majas Klimaks dan Pengertiannya Lengkap"