Blog Contoh Majas

25+ Contoh Majas Alegori dan Pengertiannya Lengkap

Contoh Majas Alegori - Setelah mengulas banyak tentang contoh-contoh majas pertentangan, di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu majas perbandingan. Kita akan mengulas mengenai pengertian dan contoh majas alegori serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Bagi kamu yang masih belum begitu paham tentang jenis majas yang satu ini, silakan disimak dengan seksama pembahasan berikut ini.

Pengertian dan Contoh Majas Alegori

Secara bahasa, kata alegori berasal dari bahasa Yunani Kuno : “allegorein”, yang berarti "bicara sebaliknya". Adapun secara umum, pengertian majas alegori merujuk pada suatu gaya bahasa atau majas yang digunakan untuk menjelaskan maksud tertentu secara non-harafiah (tidak langsung tapi berkaitan). Majas alegori menjelaskan suatu hal secara tersirat menggunakan perbandingan hal lain.


Pada penggunaannya, beberapa contoh majas alegori umumnya memunculkan retorika. Suatu hal yang menjadi fakta akan dialih bahasakan menjadi hal lain yang memiliki banyak kesamaan.

Contoh Majas Alegori

Contoh majas alegori umumnya dapat ditemukan dalam alur cerita, puisi, maupun syair. Beberapa contoh majas alegori tersebut antara lain:
  1. Menjalani kehidupan berumah tangga, sama seperti mengarungi samudera dengan sebuah bahtera. Kadang kali, kita akan menyaksikan indahnya panorama lautan yang begitu mempesona, tapi tak jarang pula hantaman ombak dan badai menerpa dan membuat guncangan dahsyat ke tubuh kita.
  2. Dunia ini laksana tumbuhan hijau yang mampu menyihir mata setiap orang yang memandangnya. Sungguh menakjubkan dan begitu indah. Namun, lambat laun ia akan menguning, kering, dan hingga akhirnya musnah.
  3. Otak manusia bagai mata pisau. Semakin diasah, ia akan menjadi semakin tajam dan membuatnya kian disegani orang. Tapi, ketika dibiarkan tergeletak begitu saja, lambat laun ia akan tumpul, mengarat, dan tak lagi menyilaukan.
  4. Perjalanan kehidupan anak adam seumpama sungai dengan air mengalir. Ia mengalir dari hulu, melewati lembah, menyusuri tebing-tebing, anak sungai, hingga pada akhirnya berhenti saat bertemu dengan lautnya.
  5. Anak yang baru lahir seperti halnya kertas yang kosong. Ia begitu bersih dan tiada bernoda. Oleh karenanya, jagalah ia dengan hati-hati. Torehkan tinta emas ke setiap lembarannya. Warnailah ia dengan warna yang indah.
  6. Al qur'an adalah rambu yang dapat memandu kita ke hadirat Ilahi Rabbi. Selama kita patuh terhadap semua rambu tersebut, maka kita akan selamat hingga tujuan akhir.
  7. Waktu laksana pedang yang tajam. Bila seseorang dapat memainkannya dengan teliti, maka ia akan berguna. Namun, jika seseorang ceroboh memainkannya, ia akan mendatangkan musibah.
  8. Kita hidup di dunia layaknya seorang musafir yang tengah singgah di suatu desa untuk mengisi bekal. Waktu dan kesempatan kita tidaklah lama, sedang perjalanan masih begitu jauh dan melelahkan. Bila kita tidak bisa memanfaatkan waktu dan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya, maka kita akan menderita di perjalanan selanjutnya.
  9. Rosululloh bersabda, wanita bagaikan sebuah tulang rusuk bengkok yang tidak mudah diluruskan. Bila kau paksa luruskan dengan ototmu, maka ia akan patah, hancur berantakan. Tapi, bila kau biarkan saja, ia selamanya akan tetap bengkok (Contoh majas alegori ini disadur dari Hadist).
  10. Seseorang yang bersedekah di jalan Alloh itu laksana menanam sebuah biji pada lahan subur. Biji tersebut bakal tumbuh menjadi pohon dengan 7 cabang kokoh. Dari setiap cabang, orang tersebut akan memanen lebih dari 100 biji pada waktunya.

Nah, demikianlah pembahasan kali ini mengenai pengertian dan contoh majas alegori dalam puisi. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa kunjungi pula artikel majas selanjutnya yakni mengenai contoh majas metonimia. Baca juga rangkuman kami tentang Macam Macam Majas.

0 Response to "25+ Contoh Majas Alegori dan Pengertiannya Lengkap"