Blog Contoh Majas

25+ Contoh Majas Sinisme dan Pengertiannya Lengkap

Contoh Majas Sinisme - Majas sinisme adalah gaya bahasa yang tergabung dalam kelompok majas sindiran. Disebut demikian karena majas ini memang digunakan untuk tujuan menyindir seseorang atau suatu objek atas hal salah yang dilakukannya. Pemahaman mengenai bagaimana penerapan majas sinisme dirasa penting karena jika salah diterapkan, penggunaan majas satu ini bisa berdampak buruk bagi orang yang menggunakannya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam seputar apa itu pengertian majas sinisme dan contoh-contoh penerapan dalam obrolan sehari-hari, silakan simak pembahasan berikut ini.

Pengertian dan Contoh Majas Sinisme

Dirunut dari asal katanya, sinisme adalah kata dalam bahasa Yunani : kynikos yang berarti “seperti anjing”. Adapun jika ditinjau dari istilahnya, pengertian majas sinisme dapat diartikan sebagai suatu majas yang mengungkapkan peryataan menyindir dengan kasar seseorang yang telah melakukan sesuatu hal buruk.

Contoh Majas Sinisme
Secara definitif, majas sinisme adalah kebalikan majas ironi. Bila sindiran dalam majas ironi dengan kata-kata berlawanan yang bersifat halus, maka dalam majas sinisme, sindiran langsung bersifat terang-terangan tanpa tedeng aling-aling.

Sindiran yang disampaikan dengan majas sinisme dirasa perlu untuk menyadarkan seseorang yang bebal dan tidak mau memperbaiki kesalahannya meski sudah disindir secara halus menggunakan majas ironi. Cita rasa yang kuat dari sindiran yang diberikan melalui penerapan contoh majas sinisme dapat langsung mengarah tepat pada pikiran dan perasaan orang yang dituju.

Contoh Majas Sinisme

Agar lebih mudah memahami bagaimana penggunaan majas sinisme dalam kalimat, berikut ini kami telah merangkum beberapa contoh majas sinisme yang biasa kita gunakan sehari-hari.
  1. Kalian berasal dari keluarga baik-baik, tentu tidak sepantasnya perbuatan serendah itu kalian lakukan.
  2. Kau pelit sekali, padahal terus yang kau selalu meminjam uang padaku selama ini.
  3. Kau ini memang sangat bodoh. Sudah ku bilang jangan bergaul dengannya, tapi masih saja. Sekarang rasakan sendiri semua akibat perbuatanmu.
  4. Wajahmu menyeramkan Postur tubuhmu juga tinggi dan besar. Tapi mengapa kau begitu pengecut?
  5. Bisakah kau kembalikan uang ku? Apakah kau tak punya malu? Kau sudah meminjam uangku lama sekali. [Contoh Majas Sinisme ini diambil dali cuplikan film Si Doel Anak Betawi]
  6. Selain kaya, tampan, dan pintar, dia juga berasal dari keluarga dengan latar belakang baik-baik, tapi sayang sekarang dia terjerumus dalam pergaulan bebas.
  7. Sudah ku bilang berhentilah merokok. Sekarang, lihatlah kesehatanmu! Penyakitmu sudah sangat parah  karena kau tak mendengar kata-kataku!
  8. Apakah dia tak punya hati? Teganya meninggalkan anak dan istrinya sebegitu lama.
  9. Bau sekali badanmu! Tapi kenapa kau begitu susah jika disuruh mandi?
  10. Bagaimana kau bisa lulus UN, kalau kau hanya sibuk bermain game saja?
  11. Media Mata Elang Post itu isinya cuma iklan produk dan berita politik advertorial saja, di dalamnya sama sekali tak ada berita berimbang.
  12. Aku yakin, kau tidak akan pernah bisa menjadi jurnalis handal, terutama jika kerjamu hanya memeras mereka yang terlibat kasus yang kau tulis.
  13. Pantas kalau belum ada yang meminangmu sampai sekarang. Kelakuanmu saja sama berandalan begitu, padahal kamu khan wanita.
  14. Tak pantas kau berlaku semacam itu di depan muridmu, apalagi kau ini seorang guru.
  15. Bukankah aku sudah pernah bilang, jangan cuma memilih karena fisiknya saja. Khan terbukti sekarang kalau yang kau pilih itu ternyata seorang bandar mafia.
  16. Kau memang berlimpah kekayaan. Kau bisa membeli hukum dan membutakan keadilan. Tapi ingat, kau tak bakal pernah bisa lolos dari keadilan Tuhan.
  17. Badanmu begitu kekar dan besar, tapi kenapa nyalimu begitu ciut.
  18. Dimana hati nuranimu? Keserakahan sudah menutup pikiran jernihmu sampai-sampai masalah pencurian sendal saja kau bawa ke meja hijau.
  19. Bau mulutmu sungguh memabukan. Apakah kau tak pernah gosok gigi?
  20. Sudahlah cukup! Aku tak lagi percaya dengan ucapanmu. Kau memang pendusta.
  21. Pikiranmu kotor sekali? Apakah kau tidak pernah membersihkannya?
  22. Kau tak akan pernah mendapat upah pantas dari perusahaan itu. Pemiliknya terkenal sangat pelit.
  23. Mengapa kau begini? Setan apa yang telah merasukimu hingga sampai hati kau membunuh saudaramu sendiri?

Nah, demikianlah beberapa contoh majas sinisme yang mungkin dapat membantu Anda dalam memahami pengertian majas sindiran yang satu ini. Semoga bermanfaat dan ingat, jangan gunakan contoh majas di atas sebagai sindiran atau guyonan terhadap teman Anda, karena efeknya bisa berbahaya bagi hubungan silaturahmi kalian.

Terakhir, jangan lupa untuk melanjutkan membaca artikel kami berikutnya yakni mengenai contoh majas repetisi. Simak juga rangkuman tentang Macam Macam Majas dan Contohnya.

0 Response to "25+ Contoh Majas Sinisme dan Pengertiannya Lengkap"