Blog Contoh Majas

6 Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi - Salah satu fenomena alam yang sering dijelaskan secara tertulis menggunakan struktur teks eksplanasi adalah fenomena gempa bumi. Sama seperti hujan asam, fenomena gempa bumi juga memiliki keterkaitan atau hubungan sebab akibat yang dapat dijabarkan secara rinci. Nah, bagi kamu yang sedang mencari inspirasi dan referensi tentang bagaimana contoh teks eksplansi fenomena gempa bumi, silakan disimak penjelasan berikut ini.

Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Teks eksplanasi memiliki struktur utama yang terbagi ke dalam 3 bagian, yaitu pernyataan umum (general statement), penjelasan, dan penutup (interpretasi). Ketiga bagian dari struktur teks eksplanasi tersebut dapat ditemukan dalam contoh teks eksplanasi gempa bumi berikut ini.

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

***

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi


[Teks Eksplanasi Gempa Bumi : 1] Gempa bumi merupakan salah satu fenomena bencana alam yang cukup sering terjadi di Indonesia. Bencana ini menyebabkan beragam kerusakan fisik, korban jiwa, dan kerugian material lainnya sehingga harus diwaspadai dengan serius. Wilayah Indonesia yang terletak di antara pertemuan lempeng batuan benua menyebabkan bencana ini sudah cukup akrab bagi kehidupan masyarakatnya. Namun, bukan karena itu saja, beberapa hal lain juga dituding sebagai penyebab terjadinya gempa bumi.

[Teks Eksplanasi Gempa Bumi : 2] Dari kajian ilmiah, diketahui bahwa gempa bumi dapat terjadi karena ada 5 faktor penyebabnya. Kelima faktor tersebut sering dijadikan pengklasifikasi jenis gempa bumi yang antara lain gempa bumi tektonik, vulkanik, tumbukan, runtuhan, dan gempa bumi buatan.
Gempa bumi tektonik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh adanya pergesaran lempeng batuan tektonik di bawah permukaan tanah. Pergeseran lempeng batuan ini menghasilkan gelombang gempa yang kemudian terasa oleh masyarakat di sekitar wilayah tersebut. Terjadinya tsunami Aceh pada tahun 2004 salah satunya diakibatkan oleh jenis gempa ini.

Gempa bumi vulkanik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh adanya letusan gunung berapi. Gempa ini umumnya hanya dirasakan oleh masyarakat sekitar gunung. Intensitas kerusakan karena jenis gempa ini biasanya tidak terlalu parah. Contohnya seperti gempa bumi yang terjadi di sekitar wilayah gunung merapi.

Gempa bumi tumbukan adalah gempa bumi yang disebabkan adanya tumbukan benda luar angkasa ke permukaan bumi. meteor, meteorit, atau asteroid yang masuk ke atmosfer bumi menyebabkan guncangan yang skalanya tergantung massa benda-benda tersebut. Dibandingkan jenis gempa lainnya, gempa ini terbilang cukup jarang terjadi.

Gempa runtuhan adalah gempa bumi yang disebabkan adanya runtuhan di sekitar wilayah penambangan, seperti penambangan kapur, batu bara, emas, dan mineral lainnya. Gempa ini bersifat lokal dan biasanya, intensitasnya tidak terlalu besar.

Gempa buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti peledakan dinamit, ujicoba senjata nuklir, dan lain sebagainya.

[Teks Eksplanasi Gempa Bumi : 3] Nah, itulah beberapa penyebab terjadinya gempa bumi yang biasa terjadi di sekitar kita. dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada banyak sebab terjadinya bencana ini. dan karena mengakibatkan banyak kerusakan, alangkah baiknya bila peran pemerintah dalam memberikan early warning pada masyarakat sebelum terjadinya gempa semakin ditingkatkan.

***
Keterangan Struktur Teks Eksplanasi
[1] General statement, karena berisi penjelasan-penjelasan yang sifatnya umum.
[2] Penjelasan, karena berisi proses sebab dan akibat terjadinya gempa bumi.
[3] Interpretasi, karena berisi kesimpulan tentang teks yang telah dijelaskan sebelumnya.
Demikianlah penjelasan dan contoh teks eksplanasi gempa bumi beserta strukturnya yang dapat kami sampaikan. Dari penjelasan tersebut tentu Anda semakin memahami bagaimana cara membuat struktur teks eksplanasi dan menjabarkannya dalam sebuah teks. Jika belum, silakan simak contoh selanjutnya yakni tentang teks eksplanasi banjir. Semoga bermanfaat.

0 Response to "6 Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi beserta Strukturnya"