Blog Contoh Majas

20 Contoh Kalimat Pasif Transitif dan Intransitif beserta Pengertiannya

Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya tentang contoh kalimat aktif, di kesempatan artikel kali ini kita akan membahas tentang contoh kalimat pasif dan pengertiannya. Apa yang dimaksud dengan kalimat pasif? Apa perbedaan mendasar antara kalimat aktif dan pasif? Bagaimana ciri dan apa saja jenis kalimat pasif? Simak semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di artikel berikut ini!

Contoh Kalimat Pasif

Kalimat pasif adalah kalimat yang pola objeknya terletak di awal kalimat sebelum predikat. Ciri-ciri kalimat pasif adalah predikat atau kata kerja dalam kalimat dibubuhi dengan imbuhan di- atau ter-, misalnya dipukul, dimasak, digoreng, terbakar, terpancing, terpakai, dan lain sebagainya.

Contoh Kalimat Pasif Transitif dan Intransitif

Sebagai contoh kalimat pasif yang sederhana, perhatikan kalimat berikut:

Bola ditendang ayah dengan keras.

Pada contoh kalimat aktif di atas, kita menemukan bahwa kata“bola” bertindak sebagai objek dan terletak di awal kalimat; kata “ditendang” sebagai predikat berasal dari awalan di- dan –tendang; sedangkan kata “Ayah” bertindak sebagai subjek. Nah, sekarang, coba bandingkan contoh kalimat pasif di atas dengan kalimat di bawah ini:

Ayah menendang bola dengan keras.

Kalimat di atas adalah contoh kalimat aktif. Kata “ayah” merupakan objek; kata “menendang” merupakan predikat yang berasal dari awalan “me-“ dan “-tendang”; sedangkan kata “bola” bertindak sebagai subjek.

Jenis-jenis Kalimat Pasif dan Contohnya

Berdasarkan keberadaan subjek, kalimat aktif dapat dibedakan kembali menjadi 2 jenis, yaitu kalimat pasif transitif dan kalimat pasif intransitif. Apa yang dimaksud dengan kalimat pasif transitif dan kalimat pasif intransitif itu?

1. Kalimat pasif transitif

Kalimat pasif transitif adalah kalimat pasif yang dilengkapi dengan subjek sehingga pola kalimatnya berbentuk O-P-S atau O-P-S-K. Karena dilengkapi dengan subjek, maka kalimat pasif transitif dapat diubah ke dalam bentuk kalimat aktif. Berikut adalah beberapa contoh kalimat pasif transitif.
  1. Sayur bayam dimasak ibu.
  2. Kelereng baru dimainkan Azmi.
  3. Gerhana matahari total dilihat Desi.
  4. Kursi rusak diduduki Rendi.
  5. Tugasnya sedang diselesaikan Dian.
  6. Ketapelnya sedang diperbaiki Komar.
  7. Bola ditangkap Asep dengan sempurna.
  8. Mobil barunya dikendarai Ferdi.
  9. Uang saku cukup banyak diberikan Ayah hari ini.
  10. Segelas kopi untuk kakak dibuatkan Aku.
Contoh Kalimat Sanggahan, Persetujuan, dan Penolakan
Contoh Kalimat Polisemi
Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung
Contoh Kalimat Aktif

2. Kalimat pasif intransitif

Kalimat pasif intransitif adalah kalimat pasif yang tidak dilengkapi dengan subjek sehingga pola kalimatnya berbentuk O-P atau O-P -K. Karena tidak dilengkapi dengan subjek, maka kalimat pasif intransitif tidak dapat diubah ke dalam bentuk kalimat aktif.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat pasif intransitif tersebut dan cobalah rubah salah satu di antaranya menjadi kalimat aktif. Pasti tidak bisa!
  1. Joko Widido dilantik menjadi presiden hari ini.
  2. Bangunan dibangun sejak zaman Belanda.
  3. Ia terlena sehingga lupa segalanya.
  4. Gerbong kereta itu sedang diperbaiki.
  5. Ikan paus besar itu terdampar di tepi pantai.
  6. Monika dipangkas dengan model rambut terbaru.
  7. Ia sangat terpukul setelah tahu keadaannya.
  8. Ayam itu dilempar hingga lari terbirit-birit.
  9. Komodo terancam punah pada tahun-tahun belakangan ini.
  10. Sayur disukai karena kaya akan vitamin.

Nah, demikianlah penjelasan kami tentang pengertian, ciri, jenis-jenis, dan contoh kalimat pasif. Semoga dapat dipahami dengan mudah sehingga Anda dapat melanjutkan membaca pembahasan kami berikutnya tentang contoh kalimat langsung dan tidak langsung. Salam.

0 Response to "20 Contoh Kalimat Pasif Transitif dan Intransitif beserta Pengertiannya"