Blog Contoh Majas

7 Contoh Iklan Layanan Masyarakat dan Gambarnya yang Unik dan Menarik

Berdasarkan jenisnya, iklan dibedakan menjadi 2, yaitu iklan niaga dan iklan non niaga. Iklan niaga adalah iklan yang sengaja dibuat untuk kepentingan komersial dengan mempengaruhi masyarakat untuk mengenal, membeli, memiliki, atau menggunakan suatu produk. Sementara iklan non niaga adalah iklan yang dibuat dengan tujuan mempengaruhi masyarakat agar lebih peka terhadap masalah-masalah sosial kemasyarakatan. Oleh karena itu, iklan non niaga juga sering disebut iklan layanan masyarakat.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang jenis iklan non niaga. Kita akan mengulas tentang contoh iklan layanan masyarakat yang menarik dilengkapi dengan gambar-gambar posternya. Berikut ini silakan disimak!

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

1. Contoh Iklan Stop Jual Beli Manusia

Contoh iklan layanan masyarakat ini lahir dari keprihatinan adanya bisnis jual beli manusia untuk kepentingan komersial. Permasalahan sosial yang timbul akibat masalah ekonomi di kalangan masyarakat sub urban dengan menjadikan bayi atau anak sebagai objek bisnis sangatlah mengenaskan. Diperlukan sosialisasi yang memicu kepedulian seluruh lapisan untuk mencegah terus berkembangnya praktek sesat ini.

2. Contoh Iklan Hemat Energi

Penggunaan energi fosil secara boros dan terus menerus telah memperparah kondisi lingkungan di tahun-tahun terakhir ini. Diperlukan kesadaran masyarakat untuk dapat menghemat penggunaan energi dalam segala aktivitasnya supaya dampak kerusakan ekosistem yang ditimbulkan dapat diminimalkan. Atas dasar itulah contoh iklan layanan masyarakat ini muncul.

Contoh Iklan Hemat Energi

3. Contoh Iklan Bertema Lingkungan Hidup

Iklan layanan masyarakat ini merupakan iklan yang sederhana tapi sangat menarik. Iklan ini menggambarkan seekor burung yang hidup diperkotaan kemudian mati dan dari dalam tubuhnya ditemukan beragam jenis sampah. Sampah-sampah yang dibuang penduduk kota secara sembarangan ditelan oleh burung dan menyebabkan masalah kesehatan padanya.

Contoh Iklan Bertema Lingkungan Hidup

4. Contoh Iklan tentang Pendidikan

Kesadaran para orang tua untuk menyekolahkan anaknya yang sangat rendah berdampak buruk bagi kemajuan suatu bangsa. Pemahaman inilah yang mendasari dibuatnya contoh iklan layanan masyarakat yang satu ini. Dengan kalimat iklan yang berbunyi “Satukan hati untuk cita-citanya” dan gambar sebuah topi SD, banner iklan layanan masyarakat ini cukup sederhana tapi tetap menarik.

Contoh Iklan tentang Pendidikan dan kesehatan KB

5. Contoh Iklan Keluarga Berencana

Pertumbuhan jumlah penduduk yang sangat pesat akan menimbulkan beragam masalah bagi suatu negara. Untuk menekannya, diperlukan kesadaran masyarakat untuk membatasi jumlah anak dalam keluarganya. Program KB atau keluarga berencana disosialisasikan misalnya dengan contoh iklan layanan masyarakat yang berbunyi “Ayo Ikut KB, 2 Anak Lebih Baik”.

6. Contoh Iklan Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok yang sangat berbahaya bagi kesehatan adalah masalah besar bagi sebuah negara. Di Indonesia sendiri, pertambahan jumlah perokok usia remaja yang terus meningkat telah menimbulkan keprihatinan tersendiri. Kampanye berhenti merokok terus digalakan. Salah satu bentuk kampanye tersebut misalnya dapat kita temukan dalam gambar banner iklan layanan masyarakat berikut ini.

Contoh Iklan Berhenti Merokok dan Hemat Air

7. Contoh Iklan Hemat Air

Penggunaan air secara boros sangat butuh perhatian dari kita semua. Air perlu dihemat, seperti halnya energi. Air adalah sumber kehidupan, artinya jika tidak ada air maka tidak akan ada kehidupan di bumi. Untuk itu, kita harus menghemat penggunaan air. Kampanye penghematan harus dilakukan agar semua orang juga melakukan hal yang sama. Contoh iklan layanan masyarakat di bawah ini adalah himbauan agar kita semua dapat menggunakan air secara bijak.

Nah, itulah beberapa contoh iklan layanan masyarakat dan gambarnya. Dengan contoh-contoh iklan di atas, kami berharap Anda dapat terbantu dalam menyelesaikan tugas sekolah, sekaligus tersentuh untuk mengikuti himbauan-himbauan tersebut. Semoga bermanfaat!

0 Response to "7 Contoh Iklan Layanan Masyarakat dan Gambarnya yang Unik dan Menarik"