Blog Contoh Majas

8 Contoh Teks Eksplanasi Pelangi beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi – Pelangi adalah salah satu fenomena alam yang sangat menarik untuk diamati, perpendaran cahaya yang menghasilkan warna-warni indah membuat redanya hujan semakin terkesan dramatis. Oleh karenanya, tak jarang jika fenomena ini sering dibahas dalam pelajaran bahasa Indonesia, salah satunya dalam bab teks eksplanasi. Nah, jika kebetulan Anda sedang memperoleh tugas untuk membuat teks eksplanasi tentang pelangi dari guru Bahasa Indonesia di sekolah, silakan perhatikan contoh teks eksplanasi pelangi yang akan disampaikan berikut ini.

Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

Seperti sudah dibahas di artikel sebelumnya tentang contoh teks eksplanasi banjir, sebuah teks eksplanasi disusun dari beberapa bagian pokok yang membentuk struktur khusus. Bagian-bagian pokok tersebut terdiri dari penyataan umum (general statement), penjelasan, serta kesimpulan (inklusi). Nah, ketiga bagian dari struktur teks eksplanasi tersebut dapat ditemukan pada contoh di bawah ini.

Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

***

Teks Eksplanasi Pelangi


[Teks Eksplanasi Pelangi: 1] Pelangi adalah suatu fenomena alam yang terjadi setiap selesai hujan. Pelangi membentuk warna-warna indah di langit yang muncul di cakrawala melengkung dari satu ujung ke ujung lainnya. Banyak orang yang menyukai pelangi, tak heran bila kemudian pelangi dijadikan suatu simbol keceriaan dan kebahagiaan yang berlaku secara universal.

[Teks Eksplanasi Pelangi: 2] Terjadinya pelangi sendiri dapat dijelaskan secara sains dan ilmu fisika. Menurut ilmu sains, pelangi terjadi karena diakibatkan proses pembiasan cahaya oleh prisma air hujan sehingga menciptakan spektrum warna. Cahaya matahari yang dibiaskan oleh titik-titik air hujan bergerak menjauhi partikel-partikel datangnya air hujan. Inilah yang kemudian membuat bentuk pelangi melengkung seperti bentuk busur panah.
Syarat terjadinya pelangi ada 3, yaitu adanya cahaya matahari, redanya hujan, serta objek yang melihatnya.

Cahaya matahari berfungsi sebagai sumber cahaya yang dibiaskan oleh prisma air hujan. Tanpa cahaya matahari tidak akan pernah ada pelangi. Inilah yang menyebabkan mengapa pada malam hari kita tidak akan pernah menemukan adanya pelangi yang terbias di langit sekitar rumah kita. begitupun bila kondisi siang yang mendung tanpa ada matahari yang masuk menembus awan-awan tebal.

Selain cahaya matahari, redanya hujan juga menjadi syarat utama terjadinya pelangi. Hujan yang reda menyisakan butiran-butiran air berukuran kecil yang berfungsi sebagai prisma penghasil ilusi optik. Cahaya matahari dipendarkan dan dibiaskan menjadi beragam warna indah dengan urutan merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Warna-warna tersebut sering disingkat menjadi mejiku-hibiniu.

Dan syarat terakhir terjadinya pelangi adalah adanya objek yang melihat atau mengamatinya pada titik yang tepat. Artinya, pelangi sebetulnya hanya sebuah ilusi optik. Kita bisa melihat pelangi dari suatu titik. Namun orang yang berada di sekitar tempat munculnya pelangi bisa tidak melihatnya atau melihat tapi pada titik muncul yang lain.

[Teks Eksplanasi Pelangi : 3] Nah, dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan adanya 3 syarat atau penyebab terjadinya pelangi. Terlepas dari penyebab dan syarat-syarat tersebut, yang jelas pelangi tetap indah dan menarik untuk diamati. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan sains Anda.

***
Keterangan Struktur Teks Eksplanasi
[1] General statement, karena berisi penjelasan-penjelasan yang sifatnya umum.
[2] Penjelasan, karena berisi proses sebab dan akibat terjadinya pelangi.
[3] Interpretasi, karena berisi kesimpulan tentang teks yang telah dijelaskan sebelumnya.
Demikianlah uraian penjelasan tentang pengertian dan contoh teks eksplanasi pelangi beserta strukturnya. Cukup mudah dipahami bukan? Silakan coba buat bentuk teks eksplanasi lainnya yang masih berkaitan dengan pelangi tapi dengan kalimat yang berbeda. Anda pasti bisa untuk tidak sekedar melakukan copy paste saja! Semangat! Selanjutnya mari kita simak tentang contoh teks eksplanasi gunung meletus di artikel berikutnya.

0 Response to "8 Contoh Teks Eksplanasi Pelangi beserta Strukturnya"