Blog Contoh Majas

5 Contoh Teks Eksplanasi Hujan Asam beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi - Teks eksplanasi adalah sebuah jenis teks yang memuat penjelasan tentang proses, mengapa, dan bagaimana suatu hal yang masih memiliki hubungan sebab akibat. Hal yang sering dibahas menggunakan teks eksplanasi misalnya tentang fenomena alam maupun keadaan sosial yang terjadi di sekitar kita.

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas tentang contoh teks eksplanasi singkat dari salah satu fenomena alam, yaitu tentang hujan asam. Bagi kamu yang sedang mencari referensi contoh teks eksplanasi hujan asam beserta strukturnya untuk tugas sekolah, silakan simak pembahasan berikut ini!

Teks Eksplanasi Hujan Asam

Teks eksplanasi memiliki struktur pokok yang terbagi ke dalam 3 bagian, yaitu general statement (pernyataan umum), penjelasan, dan interpretasi (penutup). Ketiga bagian teks eksplanasi tersebut dapat ditemukan dalam contoh teks eksplanasi hujan asam berikut ini.

Contoh Teks Eksplanasi Hujan Asam beserta Strukturnya

***

Contoh Singkat Teks Eksplanasi Hujan Asam


[Teks Eksplanasi Hujan Asam : 1] Hujan adalah salah satu fenomena alam yang sering terjadi di sekitar daerah industri dan daerah-daerah sekitar gunung berapi. Berbeda dengan jenis hujan pada umumnya, hujan asam menurunkan air yang memiliki derajat kemasaman tinggi, yaitu di bawah 5,6. Air hujan yang bersifat asam sendiri secara kimia diketahui dapat mengganggu keseimbangan alam dan kehidupan organisme di daerah turunnya hujan.

[Teks Eksplanasi Hujan Asam : 2] Hujan asam sendiri dapat terjadi karena 2 faktor, yaitu faktor alam dan faktor buatan. Faktor alam disebabkan adanya gas sulfur (SO2) yang dihasilkan oleh letusan gunung berapi yang terjerap di atmosfer dan terakumulasi menjadi awan. Awan yang dihasilkan ini kemudian akan mengalami perpindahan ke suatu wilayah di sekitar gunung hingga akhirnya turun menjadi rintik-rintik air. Air yang dihasilkan oleh hujan ini bersifat asam karena mengandung senyawa sulfur, oleh karenanya hujan ini disebut hujan asam.
Selain karena faktor alam, hujan asam juga terjadi akibat faktor buatan. Faktor buatan umumnya disebabkan oleh pengaruh gas yang dihasilkan pembakaran bahan bakar fosil dalam jumlah tinggi, seperti pembakaran batu bara, bensin, solar, gas alam, aspal, dan lain sebagainya. Proses pembakaran ini menghasilkan gas NO3 yang bersifat asam. Gas tersebut terbawa ke atmosfer kemudian mengalami kondensasi dan menjadi awan. Awan inilah yang kemudian turun menjadi hujan yang bersifat asam.

[Teks Eksplanasi Hujan Asam : 3] Nah, itulah penjelasan tentang proses terjadinya hujan asam. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa hujan asam dapat diakibatkan oleh 2 faktor, yaitu faktor alam dan faktor buatan. Baik karena faktor alam, maupun faktor buatan, hujan asam tetaplah menjadi salah satu fenomena yang merugikan bagi lingkungan. Kerusakan alam karena hujan asam harusnya bisa menjadi perhatian semua pihak, terutama bagi pemerintah dalam menyusun ulang regulasi tentang wilayah industri di sekitar pemukiman penduduk.

***
Keterangan Struktur Teks Eksplanasi
[1] General statement, karena berisi penjelasan-penjelasan yang sifatnya umum.
[2] Penjelasan, karena berisi proses sebab dan akibat terjadinya hujan asam.
[3] Interpretasi, karena berisi kesimpulan tentang teks yang telah dijelaskan sebelumnya.
Nah, demikianlah contoh teks eksplanasi hujan asam beserta strukturnya yang bisa Anda gunakan sebagai referensi sekaligus inspirasi dalam mengerjakan tugas sekolah. Semoga cukup membantu, dan mari kita lihat contoh contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam lainnya di artikel berikutnya, yaitu tentang contoh teks eksplanasi gempa bumi.

0 Response to "5 Contoh Teks Eksplanasi Hujan Asam beserta Strukturnya"