Blog Contoh Majas

9 Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi – Teks eksplanasi adalah teks yang menceritakan suatu proses tentang sebab akibat dari kejadian atau fenomena tertentu seperti fenomena alam atau fenomena sosial. Teks eksplanasi dicirikan dengan adanya 3 bagian pokok, yaitu general statement, penjelasan, serta inklusi atau kesimpulan. Nah, setelah membahas beberapa contoh teks eksplanasi dari fenomena alam seperti banjir, pelangi, gempa bumi, dan hujan asam, di kesempatan ini kami akan membahas tentang satu contoh teks eksplanasi lainnya yaitu tentang teks eksplanasi gunung meletus.

Teks Eksplanasi Gunung Meletus

Dalam mengerjakan tugas sekolah tentang membuat contoh teks eksplanasi, bapak ibu guru Bahasa Indonesia biasanya akan membagi kelompok di kelas untuk membahas fenomena-fenomena alam lewat deskripsi teks eksplanasi. Bila kebetulan Anda dan kelompok Anda kebagian untuk membahas teks eksplanasi gunung meletus, contoh berikut mungkin bisa menginspirasi Anda dalam membuat sebuah teks eksplanasi yang baik.

Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus

***

Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus


[Teks Eksplanasi Gunung Meletus : 1] Gunung meletus merupakan salah satu fenomena alam yang sering terjadi di Indonesia. Negara kita memiliki banyak sekali gunung berapi yang siap meletus kapan saja dan menimbulkan bencana serta kerusakan yang tidak diinginkan. Kerusakan akibat gunung meletus bukan hanya terbatas pada material magma, debu vulkanik, dan batuan yang dikeluarkan kawah gunung, melainkan juga gempa vulkanik yang mengguncang wilayah di sekitar gunung.

[Teks Eksplanasi Gunung Meletus : 2] Terjadinya gunung meletus 100% dipengaruhi oleh gejala alam. Peristiwa ini terjadi akibat adanya endapan magma yang terakumulasi di dalam perut bumi. Magma ini terdorong keluar lewat celah kawah gunung oleh adanya gas bertekanan tinggi. Magma sendiri adalah cairan pijar yang sangat panas dengan suhu lebih dari 1000 derajat Celcius. Magma yang keluar ke permukaan bumi disebut lava. Jika sudah dipermukaan bumi, suhu lava turun pada kisaran 700 derajat celcius. Meski turun dengan drastis, namun suhu tersebut tetap saja membawa dampak besar bagi organisme di sekitar kawah gunung.

Selain lava, gunung meletus juga mengeluarkan batuan. Batuan yang keluar ada yang berukuran besar, namun banyak pula yang hanya berukuran sebesar kerikil. Karena tekanan gas yang kuat dari dasar perut bumi, batu-batu tersebut keluar dari kawah dan menyembur bahkan hingga radius 18 km dari pusat kawah.

Material padat lainnya yang dihasilkan dari fenomena gunung meletus adalah abu vulkanik. Dibandingkan yang lain, radius persebaran abu terbilang sangat jauh. Berat yang ringan membuat ia mudah terbawa angin. Bahkan satu fenomena sejarah yang terjadi ketika gunung krakatau di Selat Sunda meletus, abu vulkaniknya bisa sampai ke negara-negara eropa.

Dalam proses ledakan gunung berapi, wilayah di sekitar gunung biasanya akan mengalami gempa vulkanik. Skala gempa ini tergantung dari seberapa besar letusan dan ledakan yang terjadi di puncak gunung. Yang jelas, baik besar maupun kecil skalanya, gempa tetaplah menimbulkan kerusakan dan rasa cemas.

Setelah gunung mengalami letusan dan mengeluarkan semua materialnya, bahaya tidak berhenti. Satu ancaman lain yang kemudian dapat dirasakan masyarakat sekitar gunung adalah lahar dingin yang bisa menyebabkan banjir air bah. Lahar dingin memang bisa merusak fasilitas dan bangunan di sekitar sungai, namun ia juga bermanfaat bagi para petani untuk meningkatkan kesuburan tanah di sawah dan kebunnya. Inilah yang kemudian menyebabkan mengapa tanah di sekitar gunung berapi biasanya sangat subur.

[Teks Eksplanasi Gunung Meletus : 3] Itulah proses bagaimana terjadinya gunung meletus. Dari pemaparan di atas, dapat kita simpulkan bahwa selain dapat menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan, ternyata fenomena gunung meletus juga membawa manfaat dan keberkahan jangka panjang bagi masyarakat di sekitar gunung.

***
Keterangan Struktur Teks Eksplanasi
[1] General statement, karena berisi penjelasan-penjelasan yang sifatnya umum.
[2] Penjelasan, karena berisi proses sebab dan akibat terjadinya gunung meletus.
[3] Interpretasi, karena berisi kesimpulan tentang teks yang telah dijelaskan sebelumnya.
Nah, demikianlah penjelasan dan contoh teks eksplanasi gunung meletus yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini. dari contoh tersebut kita dapat melihat adanya struktur dari teks eksplanasi sehingga Anda tinggal mengembangkannya menjadi teks yang lebih baik. Semoga bermanfaat dan silakan lanjutkan membaca artikel berikutnya tentang contoh teks eksplanasi sosial. Salam.

0 Response to "9 Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus beserta Strukturnya"