Blog Contoh Majas

20 Contoh Kebutuhan Primer, Gambar, dan Penjelasannya

Contoh Kebutuhan Primer - Berdasarkan hierarki kepentingan dan kegentinganya, kebutuhan manusia dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Apakah kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier itu? Bagaimana perbedaan dari 3 jenis kebutuhan tersebut? Seperti apa contoh-contohnya? Untuk tahu jawabannya, silakan simak pembahasan berikut ini!

Contoh Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer berarti kebutuhan yang utama, dengan demikian kebutuhan primer adalah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh manusia untuk dapat bertahan hidup. Bila kebutuhan ini tidak dipenuhi, maka kelangsungan hidup seseorang akan terancam. Sebelum memenuhi kebutuhan hidup lainnya, kebutuhan primer menjadi bagian yang sangat wajib untuk dipenuhi agar mereka tidak mati.

Contoh Kebutuhan Primer

Ada beberapa contoh kebutuhan primer yang setiap hari kita penuhi dalam kehidupan kita, di antaranya adalah pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, keamanan, dan energi. Berikut ini gambar dan penjelasan dari masing-masing contoh kebutuhan primer tersebut.

1. Pangan

Pangan berarti makanan. Kebutuhan akan makanan termasuk contoh kebutuhan primer karena bila kita tidak makan, terlebih dalam jangka waktu yang lama maka kita akan lapar, sakit, kemudian kelangsungan hidup kita terancam. Kebutuhan akan pangan menjadi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Dengan makan kita bisa menjaga kelangsungan hidup kita dan dapat terus bekerja.

2. Sandang

Selain pangan, sandang atau pakaian juga termasuk contoh kebutuhan primer bagi manusia. Dalam kehidupan modern seperti sekarang ini, sandang bukan hanya berfungsi sebagai perlindungan diri dari suhu udara dan penyakit, melainkan juga berfungsi untuk memenuhi norma dan nilai-nilai kepantasan sebagai seorang manusia.

3. Papan

Papan berarti rumah. Kebutuhan akan rumah juga termasuk kebutuhan yang sangat penting. Rumah sebagai tempat bernaung dari terik matahari dan hujan adalah hak dasar yang harus dipenuhi setiap keluarga. Rumah juga menjadi sarana berkumpul dan perlindungan diri dari kondisi luar lingkungan. Manusia purba di zaman pra sejarah dulu juga memenuhi contoh kebutuhan primer ini dengan memanfaatkan goa-goa sebagai huniannya.

4. Kesehatan

Kebutuhan akan kesehatan mutlak dipenuhi setiap orang untuk dapat bertahan hidup. Jika sakit, seseorang harus berobat dan dirawat agar nyawanya tertolong dan dapat terus melanjutkan hidup. Tidak terbatas pada itu, kebutuhan akan kesehatan juga mencakup pada hak-hak dasar lainnya seperti makanan yang sehat, hunian yang sehat, pola hidup sehat, dan lain sebagainya.

5. Pendidikan

Untuk dapat bersaing di era modern ini, seseorang harus mengenyam pendidikan yang layak. Itulah alasan mengapa ayah dan ibu Anda menyekolahkan Anda saat ini. Tanpa pendidikan yang layak seseorang akan kalah bersaing dengan orang lainnya sehingga kesempatannya untuk dapat bertahan hidup dengan persaingan yang berat pasti akan semakin sulit. Oleh karenanya pendidikan juga termasuk contoh kebutuhan primer untuk Anda.

6. Keamanan

Keamanan, ketentraman, dan keselamatan seseorang mutlak dibutuhkan setiap manusia. Bagaimana seseorang akan hidup dengan nyaman bila di sekitar lingkungannya rusuh, rawan kejahatan, dan sering terjadi kekerasan. Tentu ini juga merupakan contoh kebutuhan primer bagi kita, kendati begitu keamanan setiap warga negara telah dijamin oleh negara melalui undang-undang yang ada.

7. Energi

Kebutuhan akan energi menjadi sangat penting di masa sekarang ini. tanpa adanya energi roda kehidupan akan lumpuh total. Bayangkan bila tidak ada bensin atau solar, tidak akan ada kendaraan yang bersliweran mendistribusikan bahan pangan. Begitupun bila tidak ada gas LPG yang dijual lagi, ibu Anda mungkin tidak akan bisa memasak sarapan untuk Anda dan keluarga. Begitupun dengan kebutuhan akan listrik. Nah, oleh karena itu tentu wajar jika kebutuhan akan energi menjadi salah satu contoh kebutuhan primer bagi manusia yang wajib dipenuhi.

Nah, demikianlah beberapa contoh kebutuhan primer yang sehari-hari kita gunakan. Sebagai seorang pelajar, kebutuhan primer Anda tentu masih dipenuhi oleh orang tua. Oleh karenanya, berterimakasihlah kepada mereka karena telah memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut sehingga Anda tetap dapat hidup dan bersekolah. Berterimakasihlah dengan cara berbakti kepadanya, ikuti perintah dan jauhi larangannya. Semoga bermanfaat dan silakan lanjutkan membaca di artikel berikutnya tentang contoh kebutuhan sekunder.

0 Response to "20 Contoh Kebutuhan Primer, Gambar, dan Penjelasannya"