Blog Contoh Majas

30 Contoh Kalimat Tanya (Interogatif), Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenisnya

Berdasarkan fungsinya, kalimat dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu kalimat tanya (interogatif), kalimat pernyataan (deklaratif), dan kalimat perintah (interogatif). Di artikel kali ini, kami akan membahas tentang salah satu dari 3 jenis kalimat tersebut, yaitu tentang kalimat tanya. Bagi adik-adik yang belum tahu apa itu pengertian kalimat tanya, seperti apa contoh kalimat tanya dan jenis-jenisnya, silakan simak pembahasan berikut ini!

Contoh Kalimat Tanya

Sebelum membahas tentang contoh kalimat tanya, mari kita pahami terlebih dahulu apa pengertian kalimat tanya itu. Kalimat tanya didefinisikan sebagai suatu kalimat berupa gagasan yang ditujukan untuk meminta respon atau informasi dari seseorang dalam bentuk jawaban, baik jawaban yang berupa penjelasan maupun konfirmasi.

Contoh Kalimat Tanya

Kalimat tanya dapat diidentifikasi dengan adanya beberapa ciri yang melekat pada kalimat tersebut. Adapun ciri-ciri kalimat tanya di antaranya:
  1. Selalu diakhiri dengan tanda tanya (?).
  2. Dapat diawali dengan kata tanya (5W+1H), yaitu what (apa), who (siapa), where (dimana), when (kapan), why (mengapa), dan bagaimana (how).
  3. Salah satu kata terdapat imbuhan –kah, contohnya siapakah, apakah, bukankah, berapakah, bisakah, dan lain sebagainya.
  4. Jika tidak menggunakan kata tanya, suatu kalimat tanya umumnya menggunakan imbuhan –kan atau -iya kan pada bagian akhir kalimat yang dipisah dengan tanda koma.

Nah, dari pengertian dan ciri-ciri kalimat tanya di atas, kita dapat menjumpai adanya beberapa jenis kalimat tanya pada percakapan kita sehari-hari. Jenis-jenis kalimat tanya tersebut di antaranya kalimat tanya biasa, kalimat tanya retoris, kalimat tanya konfirmasi dan klarifikasi), dan kalimat tanya tersamar. Berikut ini jenis dan contoh kalimat-kalimat tanya tersebut.


1. Contoh Kalimat Tanya Biasa

Kalimat tanya biasa adalah kalimat tanya yang biasa disampaikan untuk memperoleh suatu jawaban detail dari orang yang ditanyai. Ciri jenis kalimat tanya ini adalah adanya jawaban berupa penjelasan yang cukup mendetail. Adapun berikut ini beberapa contoh kalimat tanya biasa yang dapat Anda pahami.
  1. Apa yang bisa aku lakukan untuk membuatmu bahagia?
  2. Kapan kamu bisa datang berkunjung ke rumahku?
  3. Siapa yang melakukan perbuatan sekeji ini?
  4. Bagaimana kamu bisa melakukan ini semua dalam beberapa detik saja?
  5. Dimanakah jalan terdekat untuk menuju mushola?
  6. Mengapa kamu mau melakukan ini semua hanya untuk ku?
Contoh kalimat perintah (inversif)
Contoh kalimat pernyataan (deklaratif)
Contoh kalimat konotasi
Contoh kalimat denotasi

2. Kalimat Tanya Klarifikasi dan Konfirmasi

Kalimat tanya konfirmasi atau klarifikasi adalah kalimat tanya yang diutarakan untuk memperoleh konfirmasi dengan jawaban pendek berupa pernyataan “ya” atau “tidak”. Berikut ini beberapa contoh kalimat tanya klarifikasi dan konfirmasi yang bisa Anda pahami.
  1. Apakah kamu sudah sarapan pagi ini?
  2. Apakah kamu telah selesai mengerjakan pekerjaan rumahmu?
  3. Apakah ibu guru sudah datang ke sekolah pagi ini?
  4. Apakah Melli sudah pulang dari sekolah?
  5. Kamu hari ini sekolah, kan?
  6. Bukankah Rini sudah sembuh dari sakitnya?

3. Kalimat Tanya Retoris

Kalimat tanya retoris adalah suatu kalimat tanya yang sebetulnya tidak membutuhkan jawaban, melainkan butuh respon perubahan sikap orang yang ditanyai. Kalimat tanya retoris kerap digunakan untuk menyindir seseorang atau membuat ia berpikir atas tindakannya. Berikut ini beberapa contoh kalimat tanya retoris untuk Anda pahami.
  1. Apakah kamu lupa kalau hari ini adalah hari Minggu?
  2. Apa kamu tega melihat aku di sini sendiri dan bersedih?
  3. Bukankah kamu sendiri yang meminta aku untuk melakukannya?
  4. Bukankah kamu sendiri yang bilang kalau dia tidak bisa datang?
  5. Apakah kamu mau melakukan dan mengulangi perbuatan buruk ini lagi?

4. Kalimat Tanya Tersamar

Kalimat tanya tersamar adalah kalimat pertanyaan yang tidak disampaikan langsung, tetapi hanya tersirat dalam suatu kalimat bukan pertanyaan. Kendati begitu, kalimat ini dapat memancing orang lain untuk memberikan suatu respon jawaban. Berikut ini beberapa contoh kalimat tanya tersamar untuk Anda pahami.
  1. Sepertinya aku kenal dengan gadis yang berkerudung merah itu. (Siapakah gadis yang berkerudung merah itu?)
  2. Sepertinya aku sudah pernah berjumpa dengan dirimu sebelumnya. (Kita sepertinya pernah bertemu, tapi kapan dan dimana?)
  3. Sepertinya kamu sudah lupa dengan janjimu. (Apakah kamu lupa pada janjimu?)
  4. Sepertinya kamu melupakan sesuatu yang spesial hari ini. (Apakah kamu tidak ingat sesuatu yang spesial hari ini?)

Nah, demikianlah sekilas uraian dan penjelasan kami tentang pengertian kalimat tanya, jenis-jenis, ciri-ciri, dan contoh kalimat tanya. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kalimat tanya adalah kalimat yang diajukan untuk memperoleh jawaban atau informasi dari seseorang. Semoga bermanfaat dan jangan lewatkan pembahasan artikel selanjutnya, tentang contoh kalimat perintah. Salam.

0 Response to "30 Contoh Kalimat Tanya (Interogatif), Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenisnya"