Blog Contoh Majas

20 Contoh Kalimat Homonim : Kata dan Penjelasannya

Contoh Kalimat Homonim - Bahasa Indonesia mengenal beberapa kata yang memiliki ambigiutas. Ambiguitas sendiri adalah istilah yang menyatakan bahwa suatu kata yang memiliki ejaan atau pelafalan yang sama tetapi punya makna yang berbeda. Nah, untuk memperjelas tentang ambiguitas, para pakar bahasa telah menggolongkan 3 istilah untuk mengklasifikasikan ambigutias ini, yaitu homonim, homofon, dan homograf.

Contoh Kalimat Homonim

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang apa itu homonim, homofon, dan homograf beserta contohnya. Namun untuk permulaan, mari terlebih dahulu kita bahas tentang pengertian homonim dan contoh kalimat homonim yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Homonim adalah golongan kata yang memiliki lafal bacaan dan ejaan yang sama tetapi punya makna yang bisa berbeda tergantung makna kalimat secara keseluruhan. Contoh kata homonim misalnya kata “tahu”. Kata “tahu” dapat diartikan sebagai kata sifat yang berarti paham atau mengetahui, namun ia juga dapat diartikan sebagai kata benda yaitu makanan tradisional yang terbuat dari bubur kedelai.

Contoh Kalimat Homonim

Selain kata “tahu”, ada beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang juga merupakan contoh kata homonim. Berikut ini kata-kata tersebut beserta contoh kalimat homonim yang mungkin dapat membuat apa Anda semakin memahami tentang apa itu homonim.

1. Kata Hak

Hak dapat diartikan sebagai sesuatu yang bisa menjadi milik kita atau kita nikmati. Selain itu, ia juga bisa diartikan sebagai pijakan pada alas kaki atau sepatu wanita. Contoh kalimat homonim dengan kata hak adalah:
  • Dewi membeli sepatu dengan hak tinggi untuk digunakannya saat pergi ke pesta.
  • Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama di mata hukum.


2. Kata Gelar

Kata “gelar” juga merupakan bentuk kata homonim yang memiliki nilai ambiguitas. meskipun tidak berbeda dari segi pelafalan dan ejaan, kata gelar bisa memiliki 2 arti. Gelar bisa diartikan sebagai suatu sebutan atas tercapainya jenjang pendidikan tertentu atau kepangkatan. Tapi ia juga bisa diartikan sebagai suatu kata kerja. Contoh kalimat homonim dengan kata gelar adalah:
  • Setelah 5 tahun menempuh pendidikan di Universitas Indonesia, gelar Sarjana Ekonomi akhirnya berhasil diraihnya.
  • Sebelum pengajian, Raka menggelar tikar untuk tempat duduk para tamu undangan yang datang.
Contoh Kalimat Homofon
Contoh Kalimat Homograf
Contoh Kalimat Homonim

3. Kata Jarak

Dalam bahasa Indonesia, kata “jarak” bisa diartikan sebagai suatu ukuran rentang pemisah antara satu benda dengan benda lainnya. Namun, ia juga bisa memiliki makna lain yaitu sebagai nama buah dari tanama Jatropa curcas L. Oleh karenanya, kata “jarak” juga bisa dimaknai sebagai bentuk kata homonim. Adapun contoh kalimat homonim dari kata tersebut adalah:
  • Jarak yang memisahkan engkau dan aku bukanlah suatu halangan. Cinta kita tetap bersatu.
  • Siapa sangka, jarak kini buahnya menjadi salah satu komoditas yang dapat menghasilkan minyak pengganti bahan bakar fosil.

4. Kata Rapat

Kata homonim selanjutnya adalah kata “Rapat”. Rapat bisa diartikan sebagai suatu kegiatan musyawarah resmi, tapi juga bisa diartikan sebagai kata sifat tentang jarak yang dekat atau berhimpit. Contoh kalimat homonim dengan kata rapat adalah:
  • Bupati dan para kepala dinas menggelar rapat kerja daerah tahunan siang hari ini.
  • Jala Pak hamid sudah tidak rapat lagi, wajar jika ikan tak berhasil ia tangkap.

5. Kata Bisa

Bisa artinya dapat atau mampu, tapi juga dapat diartikan racun. Tergantung dari makna dan pola kalimat secara keseluruhan. Contoh kalimat homonim dengan kata bisa adalah:
  • Aku pasti bisa melewati masa-masa sulit ini dan meraih semua impianku.
  • Bisa ular yang masuk ke dalam pembuluh darah Adi akhirnya berhasil dikeluarkan pak Mantri.

6. Kata Bulan

Kata yang memiliki ambiguitas homonim selanjutnya adalah kata “Bulan”. Bulan dapat diartikan sebagai benda langit yang bersinar saat malam, tapi juga bisa diartikan sebagai kata petunjuk waktu. contoh kalimat homonim dengan kata bulan adalah:
  • Bulan purnama dapat terjadi jika permukaan bulan yang memantulkan cahaya matahari dapat 100% menghadap bumi.
  • Pengumuman CPNS GGD di tahun 2017 diundur hingga bulan Februari.

Nah, itulah beberapa contoh kalimat homonim yang dapat kami sampaikan untuk kesempatan ini. selain 6 kata di atas, masih ada beberapa kata homonim lainnya seperti kata genting, kali, jamak, salam, dan lain sebagainya. Bisakah Anda menyebutkan yang lain? Sudah cukup jelas bukan? Selanjutnya, silakan lanjutkan bacaan Anda pada artikel kami berikutnya tentang contoh kalimat homograf. Semoga bermanfaat!

0 Response to "20 Contoh Kalimat Homonim : Kata dan Penjelasannya"