Blog Contoh Majas

20 Contoh Kalimat Homograf, Kata, dan Pengertiannya

Contoh Kalimat Homograf - Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya, yaitu tentang contoh kalimat homonim, pada kesempatan artikel kali ini kami akan membahas tentang apa itu kalimat homograf. Nah, jika kata homonim diartikan sebagai kata yang memiliki ejaan dan lafal bacaan yang sama tapi punya makna yang berbeda, maka kalimat homograf adalah kalimat atau kata yang memiliki ejaan (tulisan) yang sama tapi dibaca dengan lafal yang berbeda dan memiliki makna yang berbeda pula. Berikut ini kami akan membahas lebih lanjut tentang apa itu homograf dan contoh kalimat homograf yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Contoh Kalimat Homograf

Homograf berasal dari kata “Homo” yang berarti sejenis atau sama dan “graf” yang berarti tulisan. Secara istilah homograf diartikan sebagai suatu kata yang memiliki tulisan yang sama tapi punya pelafalan dan makna yang berbeda. Contoh kata homograf misalnya kata “Seri”. Seri dapat diartikan sama atau seimbang, tapi juga dapat diartikan gigi bagian depan, tergantung dari pola kalimat yang digunakan secara keseluruhan.

Contoh Kalimat Homograf

Nah, selain kata seri, berikut ini ada beberapa contoh kalimat homograf yang pasti pernah Anda gunakan sehari-hari.

1. Kata Apel

Kata apel memiliki nilai ambiguitas. apel bisa diartikan sebagai nama buah, tapi juga bisa diartikan sebagai kegiatan upacara. Kendati begitu, meski memiliki ejaan penulisan yang sama, pelafalan (bunyi bacaan) keduanya berbeda. Coba perhatikan contoh kalimat homograf dengan kata apel berikut ini.
  • Salah satu buah yang sangat kaya dengan vitamin C adalah apel.
  • Setiap pagi dan sore, siswa SMK Negeri 1 Ketapang Lampung Selatan mengadakan apel kedisiplinan.


2. Kata Mental

Kata mental juga bisa memiliki makna yang berbeda tergantung dari pelafalan huruf “e” pada kata tersebut. Mental bisa diartikan kekuatan jiwa, tapi juga bisa diartikan sebagai terpelanting atau jatuh. Berikut contoh kalimat homograf dengan kata mental untuk bisa Anda bedakan.
  • Latihan bela negara yang digelar oleh Kemendikbud untuk calon guru garis depan bertujuan untuk menguatkan mental mereka sebelum terjun ke lokasi pengabdian.
  • Rizieq mental terjatuh dari motor yang dikendarainya setelah menabrak sebuah pohon besar di trotoar.
Contoh Kalimat Homofon
Contoh Kalimat Homograf
Contoh Kalimat Homonim

3. Kata Keset

Keset bisa diartikan kata benda tapi juga bisa diartikan sebagai kata sifat, tergantung dari bagaimana kata tersebut dilafalkan. Untuk memahami perbedaan kedua makna kata tersebut, bisa Anda perhatikan contoh kalimat homograf dengan kata keset berikut ini.
  • Di depan rumah ku, ada keset yang terbuat dari serabut kelapa.
  • Agar lantai rumah selalu keset, ibu selalu mengepel setiap pagi dan sore hari.

4. Kata Memerah

Memerah bisa diartikan menjadi merah, tapi juga bisa diartikan kata kerja yang bermakna mengeluarkan suatu cairan. Contoh kalimat homograf dengan kata ini adalah:
  • Wak haji memerah susu kambing etawah setiap pagi.
  • Wajah ani memerah setelah tahu celananya sobek terkait paku.

5. Kata Per

Kata per juga memiliki nilai ambiguitas dari segi penulisannya. Per bisa diartikan pembagian tapi juga bisa diartikan pegas. Contoh kalimat homograf dengan kata per adalah:
  • Sembilan per tiga sama dengan tiga.
  • Agar nyaman, kasur dan kursi di rumahku dilengkapi dengan per di bagian bawahnya.

6. Kata Kecap

Kecap secara umum diartikan sebagai salah satu bahan memasak yang dibuat dari sari kedelai. Tapi kecap juga dapat diartikan sebagai kata kerja mencicipi. Contoh kalimat homograf dengan kata kecap misalnya:
  • Ibu meminta ku untuk membelikan 1 botol kecap di warung tetangga.
  • Setelah dikecap dan dicicipi, rasanya kok agak asin gimana gitu!

7. Kata Teras

Kata teras juga memiliki nilai ambiguitas homograf. Teras bisa diartikan beranda, tapi juga bisa diartikan inti. Contoh kalimat dengan kata teras yang berupa bentuk homograf misalnya:
  • Pejabat teras di lingkungan pemerintah kabupaten Lampung Selatan sedang menggelar rapat bersama.
  • Teras di rumahku selalu dikotori oleh para kalong dan kelelawar sehingga setiap pagi hari aku harus membersihkannya.

Nah, demikianlah beberapa contoh kalimat homograf dan penjelasannya. Dari contoh-contoh di atas, tentu Anda kini sudah dapat semakin memahami dan mencerna apa itu homograf dan bagaimana penggunaannya. Adakah yang bisa menyebutkan contoh kalimat atau kata homograf lainnya? Silakan tulis di kolom komentar dan jangan lewatkan pembahasan selanjutnya tentang contoh kalimat homofon di artikel berikutnya.

0 Response to "20 Contoh Kalimat Homograf, Kata, dan Pengertiannya"