Blog Contoh Majas

20 Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif serta 6 Prinsipnya

Berdasarkan efektivitas penyampaiannya, suatu kalimat dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu kalimat efektif dan kalimat tidak efektif. Apakah yang dimaksud dengan kalimat efektif dan kalimat tidak efektif itu? Apa perbedaan kedua jenis kalimat tersebut? Seperti apa contoh kalimat efektif dan kalimat tidak efektif yang terdapat dalam percakapan sehari-hari? Nah, bila Anda belum dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, silakan simak pembahasan berikut!

Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang menyampaikan makna atau gagasan dengan struktur bahasa yang jelas dan mudah dipahami, sedangkan kalimat tidak efektif adalah kalimat yang menyampaikan makna atau gagasan dengan struktur bahasa yang sulit dipahami.

Suatu kalimat dikatakan efektif apabila memenuhi salah satu dari 6 prinsip, yaitu prinsip kesepadanan,  kecermatan, kehematan, kelogisan, kesatupaduan, dan keparalelan. Nah, berikut ini perbandingan antara contoh kalimat efektif dan tidak efektif berdasarkan keenam prinsip tersebut.

Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

1. Prinsip Kesepadanan

Suatu kalimat dikatakan efektif apabila ia sudah memenuhi prinsip kesepadanan, artinya unsur gramatikal subjek (S), predikat (P), objek (O), dan keterangan (K) berada dalam keseimbangan struktur. Coba bandingkan antara contoh kalimat efektif dan kalimat tidak efektif di bawah ini.
  1. Aminah pergi ke sekolah, kemudian Aminah pergi ke rumah temannya untuk belajar. (tidak efektif)
  2. Aminah pergi ke sekolah, kemudian ia ke rumah temannya untuk belajar. (efektif)

2. Prinsip Kecermatan dalam Pemilihan dan Penggunaan Kata

Suatu kalimat dikatakan efektif apabila ia sudah memenuhi prinsip kecermatan dalam memilih dan menggunakan kata, sehingga kalimat tersebut tidak menimbulkan tafsiran ganda atau ambiguitas. Coba bandingkan antara contoh kalimat efektif dan kalimat tidak efektif di bawah ini.
  1. Mahasiswa kampus yang terkenal itu mendapatkan hadiah. (tidak efektif)
  2. Mahasiswa yang kuliah di kampus terkenal itu mendapatkan hadiah. (efektif)

3.Kehematan

Kalimat efektif juga harus memenuhi prinsip kehematan, artinya dalam kalimat tersebut harus digunakan kalimat yang sehemat mungkin tapi tetap dapat menyampaikan maknanya secara utuh dan sesuai dengan kaidah tata bahasa. Coba bandingkan antara contoh kalimat efektif dan kalimat tidak efektif di bawah ini.
  1. Karena ia tidak diajak, ia tidak ikut belajar bersama belajar di rumahku. (tidak efektif)
  2. Karena tidak diajak, ia tidak ikut belajar bersama di rumahku. (efektif)

4. Kelogisan

Prinsip kelogisan dalam kalimat efektif artinya, bahwa makna atau ide kalimat tersebut bisa disampaikan dengan struktur bahasa yang logis atau nyambung. Coba bandingkan antara contoh kalimat efektif dan kalimat tidak efektif di bawah ini.
  1. Untuk mempersingkat waktu, mari kita lanjutkan acara ini. (tidak efektif)
  2. Untuk menghemat waktu, mari kita lanjutkan acara ini. (efektif)

5. Kesatupaduan

Suatu kalimat efektif juga harus memenuhi prinsip kesatupaduan. Informasi yang disampaikan dalam kalimat tidak terpecah-pecah. Coba bandingkan antara contoh kalimat efektif dan kalimat tidak efektif di bawah ini.
  1. Kita harus dapat mengembalikan kepada kepribadian kita, kepribadian orang-orang kota yang telah terlanjur meninggalkan rasa kemanusiaan itu. (tidak efektif)
  2. Kita harus mengembalikan kepribadian orang-orang kota yang sudah meninggalkan rasa kemanusiaan. (efektif)

6. Keparalelan

Prinsip keparalelan dalam kalimat efektif berarti bahwa imbuhan pada kata di dalamnya dapat disesuaikan dengan makna kalimat secara utuh. Kesamaan bentuk kata atau imbuhan yang digunakan dalam kalimat itu haruslah sejajar. Coba bandingkan antara contoh kalimat efektif dan kalimat tidak efektif di bawah ini.
  1. Kakak menolong anak itu dengan dipapah ke pinggir jalan. (tidak efektif)
  2. Kakak menolong anak itu dengan memapahnya ke pinggir jalan. (efektif)

Nah, demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan tentang contoh kalimat efektif dan kalimat efektif berdasarkan prinsip kesepadanan,  kecermatan, kehematan, kelogisan, kesatupaduan, dan keparalelan. Semoga dapat dipahami dengan mudah dan membantu menyelesaikan tugas sekolah Anda. Salam.

0 Response to "20 Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif serta 6 Prinsipnya"