Blog Contoh Majas

25+ Contoh Majas Asonansi dan Pengertiannya Lengkap

Contoh Majas Asonansi - Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, kita mengenal bahwa gaya bahasa atau majas terbagi menjadi beberapa kategori. Salah satunya adalah majas perulangan. Apa itu majas perulangan? Majas perulangan adalah majas yang dibuat dengan mengulang-ulang suatu huruf, kata, atau frase untuk tujuan menguatkan maksud atau meningkatkan nilai estetika dari suatu kalimat. Majas perulangan umumnya jarang digunakan dalam obrolan sehari-hari. Majas ini biasanya digunakan dalam puisi, syair, atau pantun.

Contoh Majas Asonansi

Terkait dengan majas perulangan, kita sebetulnya sudah banyak membahas tentang hal ini pada artikel-artikel sebelumnya. Namun, pada kesempatan ini kita akan membahas satu lagi jenis majas perulangan yang belum sempat dibahas. Kita akan mengulas tentng majas asonansi. Apa itu majas asonansi?

Contoh Majas Asonansi

Majas asonansi adalah majas atau gaya bahasa yang dibuat dengan mengulang huruf vokal atau konsonan kata pertama pada kata berikutnya. Secara bahasa, pengertian majas asonansi memang cukup sulit dijelaskan. Akan tetapi rasanya menjadi sangat mudah jika Anda memperhatikan contoh majas asonansi yang telah kami buat dalam penggalan puisi berikut ini.

Segala ada, menekan dada
Mati api, di dalam hati
Harum sekuntum, bunga rahasia
Hitam kelam merajam malam.

Dari puisi di atas, huruf-huruf pada akhir kata pertama diulang-ulang pada artikel berikutnya. Nah, inilah yang dimaksud dengan majas tropen. Tujuan digunakan majas ini dapat dilihat dari seberapa besar Anda mendapat efek penekanan dari masing-masing kata tersebut.
Selain dalam puisi di atas, Anda juga dapat menemukan contoh majas tropen dalam kalimat berikut ini.
  1. Gelap kerap menatap lelap
  2. Biarkan lamunan, biarkan harapan.
  3. Salam rindu di malam minggu.
  4. Sedikit pelit sedikit rumit.
  5. Mati rasa di dalam asa.
  6. Harapanku sia-sia, semua karena dia.
  7. Lelahku menunggu dirimu di sisiku.
  8. Sekian lama, aku mencoba.
  9. Melepaskanmu dari mimpiku, menyejukanku dalam batinmu
  10. Surga cinta yang menganga dalam jiwa.

Nah, demikianlah pemaparan sekilas kami mengenai contoh majas tropen dalam kalimat dan puisi. Semoga dengan pemaparan di atas, Anda dapat memanfaatkan majas perulangan yang satu ini untuk mengasah bakat Anda sebagai seorang sastrawan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk melanjutkan membaca artikel berikutnya, yakni mengenai contoh majas litotes. Simak juga rangkuman tentang Macam Macam Majas dan Contohnya.

0 Response to "25+ Contoh Majas Asonansi dan Pengertiannya Lengkap"