Blog Contoh Majas

25+ Contoh Majas Asosiasi dan Pengertiannya Lengkap

Contoh Majas Asosiasi - Majas asosiasi adalah jenis majas yang termasuk ke dalam kategori majas perbandingan. Hal ini karena majas asosiasi merupakan gaya bahasa yang dibuat dengan membandingkan suatu hal dengan hal lainnya yang mempunyai makna hampir sama.

Adapun hal yang umumnya dibandingkan dalam majas asosiasi ini adalah hal yang terkait dengan kata benda. Kata benda-kata benda tersebut mengalami pergeseran makna sedemikian rupa sehingga pada akhirnya memiliki makna lain yang berbeda. Berikut ini kita akan membahas seputar contoh majas asosiasi lengkap dengan pengertian dan pembahasannya. Silakan disimak!

Pengertian dan Contoh Majas Asosiasi

Dirunut dari bahasa, kata asosiasi berasal dari kata “associate”, kata dalam Bahasa Inggris yang berarti teman atau rekan. Adapun jika dirunut berdasarkan istilah, pengertian majas asosiasi dapat diartikan sebagai suatu gaya bahasa yang dibuat dengan menggantikan suatu kata dengan kata lainnya yang telah mengalami pergeseran makna.

Contoh Majas Asosiasi


Pergeseran makna dalam kata-kata tertentu dalam majas asosiasi dapat pula dianggap sebagai suatu perumpamaan. Tujuan penggunaan perumpamaan tersebut tak lain adalah agar gagasan atau ungkapan yang disampaikan menjadi lebih bermakna.

Contoh Kalimat Majas Asosiasi

Contoh majas asosiasi umumnya dapat dengan mudah dikenali dari karakteristiknya yaitu menggunakan kata benda dengan makna yang bukan sebenarnya, gaya bahasanya mudah diingat, serta merupakan perumpamaan umum.

Untuk lebih jelasnya, silakan pahami beberapa contoh majas asosiasi yang telah kami buat berikut ini.
  1. Contoh 1. Semua orang padahal sudah memberikan pendapatnya masing-masing, tapi ia masih tetap membatu. Pembahasan: dalam makna yang sebenarnya “membatu“ diartikan sebagai “menjadi batu”. Akan tetapi, dalam kalimat di atas, “membatu“ artinya diam saja tanpa melakukan apa-apa.
  2. Contoh 2. Para elite politik hanya sibuk berebut kursi tanpa pernah memikirkan kesejahteraan rakyat. Pembahasan: dalam makna yang sebenarnya “kursi” adalah benda untuk tempat duduk. Akan tetapi dalam kalimat di atas, “kursi” diartikan sebagai kekuasaan dan jabatan.
  3. Contoh 3. Seluruh panitia mendapatkan amplop seusai acara. Pembahasan: dalam makna yang sebenarnya “amplop” adalah benda untuk menyimpan uang atau benda kertas. Akan tetapi dalam kalimat di atas, “amplop” diartikan sebagai penghasilan atau gaji.
  4. Contoh 4. Hati-hati saat berbicara. Ucapanmu kadang kali seperti pisau belati. Pembahasan: dalam makna yang sebenarnya “pisau belati” adalah benda untuk memotong atau benda tajam. Akan tetapi,  dalam kalimat di atas, “pisau belati” diartikan sebagai menyakiti.
  5. Contoh 5. Mencari pekerjaan di masa sekarang ini seperti mencari jarum dalam jerami. Pembahasan: Dalam makna yang sebenarnya, “mencari jarum dalam jerami” dapat diartikan secara langsung. Akan tetapi,  dalam kalimat di atas, “mencari jarum dalam jerami” diartikan sebagai kesulitan mencari pekerjaan.
  6. Contoh 6. Bisnis yang ia miliki sudah sangat menggurita. Pembahasan: dalam makna yang sebenarnya “menggurita” artinya seolah-olah menjadi gurita. Akan tetapi,  dalam contoh kalimat majas asosiasi di atas, ‘menggurita’ diartikan sebagai luas dan tersebar dimana – mana jangkauannya.
  7. Contoh 7. Mereka bagaikan pinang dibelah dua. Pembahasan: dalam makna yang sebenarnya “pinang dibelah dua” adalah pohon pinang yang dibelah menjadi dua bagian. Akan tetapi, dalam kalimat di atas, “pinang dibelah dua” diartikan sebagai sangat mirip.
  8. Contoh 8. Orang yang mencatut nama pejabat itu bukan kerabatku. Pembahasan: dalam makna yang sebenarnya “mencatut” adalah mencabut menggunakan tang. Akan tetapi, dalam kalimat di atas, “mencatut” diartikan sebagai usaha mengambil hak orang lain.
  9. Contoh 9. Janganlah jadi orang yang kacang lupa kulitnya. Pembahasan: dalam makna yang sebenarnya “kacang lupa kulit” adalah kacang yang dilepaskan kulitnya. Akan tetapi, dalam kalimat di atas, “kacang lupa kulitnya” diartikan sebagai suatu sikap tak menghargai orang yang pernah membantunya.

Nah, demikianlah beberapa contoh majas asosiasi yang bisa disampaikan pada kesempatan ini. Semoga bisa menjadi tambahan dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Terakhir, jangan lupa untuk membaca artikel kami selanjutnya, yakni mengenai contoh majas paradoks. Simak juga rangkuman tentang Macam Macam Majas dan Contohnya.

0 Response to "25+ Contoh Majas Asosiasi dan Pengertiannya Lengkap"